konspirasi

Kemarin siang saya berada dalam sebuah konferensi segitiga via chat. Saya sedang berdiskusi mengenai sebuah lomba di internet dan muncullah topik SPJ alias singkat padat jelas mengenai konspirasi.

Konspirasi itu apa sih? Saya baru mendengarnya kemarin, jujur. Konspirasi itu termasuk pro dan kontra kah?

Menurut kamus, konspirasi itu artinya komplotan atau persekongkolan. Jadi? konspirasi yang ada dalam topik yang saya bahas kemarin?? Oh, jadi soal “permainan dalam” rupanya (menurut saya). Hmmm, bagaimana cara kita menghadapi sebuah konspirasi? Kita ambil pengandaian saja, apabila konspirasi dilakukan oleh orang tidak punya power besar mungkin akan langsung bisa membuka sebuah pertengkaran. Tapi apabila konspirasi itu dilakukan oleh orang yang punya power, sepertinya kita harus bisa maklum dan menerimanya walau itu sangat sulit. Konspirasi oh konspirasi, semakin didengar dan dibaca pengertiannya membuat saya sadar bahwa konspirasi itu ada di mana-mana dan saya sepertinya juga pernah mendengar berita atau kasus yang berhubungan dengan konspirasi.

Dunia memang begitu keras sekarang. Berlomba-lomba dengan dunia global untuk mengejar ketinggalan menjadikan kejujuran begitu rare. Maka dari itu, sebagai manusia yang punya jalan hidup yang masih panjang ini sepertinya patut untuk kita renungi semua hal tidak hanya dari sisi subjektif saja atau objektif saja, tapi kita berusaha untuk bisa memandang sebuah masalah dengan seluruh sudut pandang. Mungkin akan sedikit membingungkan, tapi setidaknya dapat membuat kita mencoba berpikir wise dan dewasa.

Leave a Reply

