Bicara Soal Fashion

Bicara soal fashion di Indonesia, menurut saya tanah air kita ini tengah dalam proses perkembangan (growing). Mungkin dipengaruhi karena faktor import dan mungkin umur. Produk-produk dari mancanegara telah membanjiri pasaran Indonesia dan tidak diragukan lagi pangsa pasar barang lokal dan barang import tengah kejar-kejaran mengejar pembeli yang mencintai mereka.

Bila bicara soal umur, saat ini sudah sangat rentan terjadi bahwa seseorang tidak berada pada usia dan kondisi sebagaimana dia semestinya. Maksudnya, bila kita lihat anak-anak kecil sekarang ini saja sudah semakin “menjadi”. Fashion, gadget, pamor, turut ambil peran dalam ambisi anak yang bisa dikatakan masih sangat belia. Tak jarang melihat seorang anak kecil mengejar fashion, bila itu sesuai dengan citranya it’s okay… tapi apakah pantas bagi mereka? Jawabannya ada dalam diri anda masing-masing, bagaimana cara anda memandangnya.

Kembali dengan fashion tanah air…

Dengan diakuinya batik sebagai warisan budaya bangsa Indonesia sebelumnya cukup membuat masyarakat lega dan juga bangga. Batik pun kini merangkap pada lingkup usia yang tidak itu-itu saja. Dulu kita mengenal dan melihat orang mengenakan batik hanya pada hari-hari tertentu dan lebih kepada usia dan keperluan tertentu saja, kalangan muda pun jarang mengenakannya sehari-hari. Namun sekarang batik telah merambah target usia yang lebih jauh lagi. Anak-anak muda tidak lagi merasa malu mengenakan batik; saat ke kampus, jalan-jalan, pernikahan, dan malah bangga serta nyaman mengenakan salah satu identitas bangsa Indonesia itu. Itu baru satu, masih banyak yang lain. Contohnya saja ulos, yang tak kalah keren, dan masih banyak kekayaan tradisional Indonesia lainnya.

Kesempatan yang kita miliki sangat banyak. Tinggal bagaimana kita berpikir kritis dan efisien untuk bisa menggali sesuatu yang baru lagi dari Indonesia tercinta ini.

designed by : Yuku Moko

designed by : Yuku Moko

 

Sekilas nampak biasa, namun pria asli Sulawesi ini berhasil membuat sebuah sentuhan yang berbeda pada batik Gorontalo ini nampak eksklusif. Motif ikan dan jagung dibalut warna hitam ini nampak begitu elegan dan modern tentunya. Bila batik semakin dilirik dalam sisi modern seperti ini, bukannya tidak mungkin bahwa batik akan jadi favorit masyarakat dalam dan luar negeri, bahkan bisa menjadi inspirasi bagi orang lain juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: