Udah Gede, Salah lagi!

Itu kata-kata yang saya cukup ingat walaupun sudah belasan tahun. Yup, pertama kali saya dengar dari mulut guru IPA SD saya, Pak Blasius. Orangnya santai dan baik, tapi kadang membuat orang menggelitik dengan tradermark-nya,

“Sudah gede… Salah, lagi!”

Maksudnya, siswanya bisa pede mengucapkan sesuatu dengan lantang dan keras tapi sebenarnya itu adalah pendapat yang salah. Terdengar lucu tapi memang kehidupan juga dipenuhi dengan aspek kehidupan seperti itu. Sekarang saya sudah menginjak semester 5 tapi… kata-kata trademark SD itu membuat saya, sedikit  berpikir bijak dalam bertutur kata. Karena saya adalah icon. Icon untuk bekerja, berumah tangga, dan icon atas nama saya sendiri. Bila saya sendiri yang tidak bijak dalam menempatkan karunia Tuhan lewat indera-indera ini, artinya saya yang merusak icon tersebut.

Ingat, manusia tidak hidup sendiri di dunia ini. Banyak mata yang mengarah ke kita, dan akan terbawa hingga mempengaruhi citra diri kita. Baik-buruk, kita yang menentukan sendiri.

Leave a comment